4 Hal Membuat Laptop dan Komputer Lebih Cepat

http://www.thenorthface–clearance.com – Rasanya tak ada satu orang pengguna pun yang ingin merasakan menggunakan komputer atau laptop yang lemot. Tak hanya menghabiskan kesabaran, komputer yang lemot pun bisa sangat menghabiskan waktu kamu yang berharga. Bayangkan saja, kamu bisa saja membuang-buang waktu hanya untuk menunggu sebuah program berjalan di komputer. Menyebalkan, bukan?

Ada banyak sekali sebab dari komputer atau pc yang menjadi lemot. Dan jangan khawatir karena kali ini, kami tidak akan membahas mengenai apa saja penyebab dari komputer yang bekerja menjadi lebih lambat.

Sebaliknya, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan kerja komputer sekaligus memastikan bisa bekerja dengan lebih cepat. Dan jangan khawatir, 4 langkah dan cara di bawah ini sangat mudah untuk dilakukan.

1. Atur mode performance

Bila kamu belum tahu, ada beberapa mode performance berbeda di komputer. Yang masing-masing mode tersebut, memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing dan bisa digunakan sesuai manfaat masing-masing. Untuk memaksimalkan kerja, pertama-tama kamu harus bisa mengatur mode performance ini lebih dulu.

Untuk dengan sistem operasi Windows, terdapat 3 mode performance. Yang pertama Power saver. Mode ini digunakan ketika kamu menggunakan baterai dan bukannya tersambung pada saluran listrik. Bila memilih mode ini, kamu memang akan mendapatkan performance yang lebih rendah. Tujuannya, menghemat baterai.

Balanced, juga biasanya digunakan ketika kamu menggunakan baterai dan bukannya listrik. Namun performanya akan lebih cepat dari pada dengan mode Power Saver. Sedangkan yang terakhir, High performance merupakan mode paling tinggi yang bisa digunakan untuk mendapatkan kerja yang paling maksimal. Mode ini biasanya membuat software bekerja dengan lebih cepat. Dan pastinya lebih boros baterai pula.

2. Beri ruang untuk Local Disk C

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat kerja menjadi lebih cepat, dengan membersihkan file yang ada di Local Disk C. Namun penting sekali untuk diingat, membersihkan file di bagian dari hard disk ini tak bisa dilakukan secara sembarangan. Mengingat berbeda dengan partisi file yang ada di Local Disk D, Local Disk C memiliki banyak folder dan file yang menjamin kerja. Karena itu, membutuhkan sebuah aplikasi khusus untuk bisa membersihkan Local Disk C.

Salah satu aplikasi yang bisa dipilih adalah Disk Cleanup. Aplikasi ini benar-benar bekerja dengan membersihkan junk file yang ada di masing-masing folder di partisi disk ini. Selain trash file, yang dibersihkan dengan menggunakan aplikasi ini juga cache yang menumpuk dari browser dan aplikasi yang bekerja di komputer itu sendiri. Berita Berita Terupdate hanya ada di: https://rajapoker99.wordpress.com

Dengan melakukan ini, kamu akan memberikan ruang di Local Disk C untuk menjadikan aplikasi atau software lain bisa “meletakkan” file di ruang Local Disk C.

3. Lakukan Defragment Drive

Defragment Drive fungsinya untuk mengurutkan file yang ada di drive, sehingga lebih mudah diakses oleh aplikasi dan software ketika dibutuhkan.

Seringnya, file yang ada di drive yang belum di-Defragment akan sangat berantakan dan tak beraturan. Yang pada akhirnya membuat software dan apllikasi kesulitan untuk mengaksesnya. Yang mengakibatkan komputer bekerja dengan lebih lambat. Karena itu, untuk membuat komputer bekerja dengan lebih cepat, kamu bisa mencoba melakukan Defragment Drive ini.

Caranya juga mudah. Cukup akses bagian Properties di partisi sistem. Kemudian akan ada pilihan untuk melakukan Defragment Drive. Setelah itu rasakan sendiri perbedaan dari komputer yang kamu gunakan untuk kecepatannya.

4. Fast Start-up

Cara satu ini bisa kamu lakukan bila misalnya pc atau komputer menjadi lambat sejak pertama kali melakukan booting. Seringnya, lambatnya komputer beekrja saat booting ini tak lain karena banyaknya softwara dan aplikasi yang harus berjalan ketika komputer pertama kali menyala. Dan Fast Start-up membantu kamu untuk mengatur aplikasi apa saja yang akan mulai berjalan ketika komputer menyala ini.

Pilih hanya aplikasi-aplikasi yang penting saja untuk berjalan ketika pertama kali koomputer menyala. Lebih baik lagi bila kamu bisa memilih aplikasi dengan ukuran file paling kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>